3 Pelajaran Hidup dari Lebah

Lebah merupakan salah satu serangga yang memiliki keistimewaan yang sangat banyak, di antaranya mampu menghasilkan madu yang manis dan juga tentunya bergizi. Dalam kehidupan sehari-harinya, lebah dikenal sebagai makhluk sosial yang suka sekali hidup berkoloni. Jarang sekali kita temukan lebah hidup sendiri dan membangun sarangnya sendiri. Pasti dalam satu koloni itu terdapat banyak sekali kumpulan lebah di dalamnya.

Sadar atau tidak sadar, bahwa lebah merupakan salah satu guru alam terbaik untuk kita sebagai manusia. Mereka mengajarkan kita akan arti sebuah kehidupan dan bagaimana untuk menjalaninya. Bahkan Allah menjadikan lebah sebagai salah satu nama Surah di dalam Al-Qur'an. Lalu, apa saja pelajaran hidup yang disampaikan oleh lebah? Berikut penjelasannya.

1. Lebah merupakan hewan yang suka memakan hal-hal yang baik. Makanan lebah adalah nektar yang merupakan sari pati bunga yang manis dan juga bermanfaat bagi mereka. Mereka tidaklah memakan hal-hal yang buruk. Begitu pula dengan manusia yang seharusnya memakan hal-hal yang baik. Tidak tidak diperkenankan memakan hal-hal yang buruk karena dapat berdampak kepada kesehatan dan iman kita.

2. Lebah merupakan hewan yang mengeluarkan hal yang baik pula. Kita ketahui bersama bahwa lebah merupakan hewan penghasil madu yang terkenal dengan cita rasanya yang manis lagi menyehatkan. Bahkan, semua orang sepakat bahwa mengonsumsi madu dapat menyehatkan raga. Khasiat madu sangatlah luar biasa banyak sehingga madu sangat dianjurkan untuk dinkonsumsi. Salah satu kandungan madu dapat mencegah bakteri dan sangat baik bila dikonsumsi dengan air. Madu juga dapat mempercepat proses penyembuhan dan masih banyak lagi khasiat dari madu.

Sudah sepantasnya manusia bersifat seperti lebah. Apa yang kita kerjakan haruslah bermanfaat bagi orang banyak. Sesungguhnya manusia yang baik adalah manusia yang mampu berguna bagi manusia lain. Untuk itu, apa pun potensi dalam dirimu, maka keluarkanlah dan bagi kepada orang lain. Banyak sekali orang di luar sana yang membutuhkan kita sebagai penolong mereka. Untuk itu, jadilah manusia yang berguna bagi manusia lain.
 

3. Lebah tak pernah merusak tempat yang dihinggapinya. Lebah merupakan hewan yang suka hinggap di mana saja dan suka menjelajah dimana pun itu. Namun, di balik sifat penjelajahannya itu, dia tak pernah merusak tempat yang dihinggapinya. Sama dengan manusia yang suka menjelajah mengenal berbagai tempat yang ada di dunia, maka hendaknya manusia mampu menjaga alam dan tidak merusak alam. Alam merupakan titipan Allah yang harus dijaga. Maka dari itu, lestarikan alam dan menjadikan manusia yang bisa berbaur dengan alam.





Comments

Post a Comment

Popular posts from this blog

Kunci Jawaban OSk Kebumian 2016

Soal Sejarah Tentang Peradaban India bagian 1

Seven Days Queen, Drama yang Penuh Air Mata